PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STAD DAN TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA MATERI POKOK TERMOKIMIA KELAS XI SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode kooperatif STAD dan TAI terhadap prestasi belajar siswa, kemampuan matematik tinggi dan rendah, serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode STAD dan TAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak adanya pengaruh terhadap prestasi belajar afektif siswa. Terdapat pengaruh kemampuan matematik siswa tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak adanya pengaruh prestasi belajar afektif siswa dengan kemampuan matematik tinggi dan rendah. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran STAD dan TAI dengan kemampuan matematik terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.
Kata Kunci: STAD, TAI, kemampuan matematik, termokimia.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)