candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAINT (POE) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Dian Ma'rifatun, Kus Sri Martini, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode eksperimen dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada penerapan model pembelajaran Predict Observe Explaint (POE) untuk pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian The-One-shot-Case-Study. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran POE dengan eksperimen) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran POE dengan demonstrasi). Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan metode tes, sedangkan aspek afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prestasi belajar kognitif siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebesar 76,05 dan 71,42. Nilai rata-rata prestasi belajar afektif siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebesar 83,63 dan 80,14. Hasil hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 1,77 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 1,94 > ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada penerapan model pembelajaran POE untuk pokok bahasan larutan penyangga.

Kata Kunci : Model Pembelajaran POE, Metode Eksperimen, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, Larutan Penyangga.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats