candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN MEMORI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SEMESTER GASAL DI SMA NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Dody Apriyanto, Sri Mulyani, Elfi Susanti Van Hayus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum – hokum Dasar Kimia. (2) Pengaruh kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum-hukum Dasar Kimia. (3) Interaksi antara metode pembelajaran Mind Mapping dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum - hukum Dasar Kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest - Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mind Mapping dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan data kemampuan memori dengan metode asosiasi berpasangan, prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes objektif, sedangkan prestasi belajar afektif menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dan konvensional terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. Pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping lebih baik daripada melalui metode konvensional terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. (2) Tidak ada pengaruh antara kemampuan memori tinggi dan kemampuan memori rendah terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dan konvensional dengan tinggi rendahnya kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. Antara penggunaan metode pembelajaran dan perbedaan kemampuan memori mempunyai pengaruh sendiri-sendiri terhadap prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa.

Kata kunci: Metode pembelajaran, Mind Mapping, Kemampuan Memori, Prestasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats