candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IKATAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Aisah Ika Wardhani, Mohammad Masykuri, Budi Utami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan strategi peta konsep dan peta pikiran materi ikatan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan randomized pretest posttest comparison group design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA-3 dan XI IPA-4 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data kognitif menggunakan metode tes, sedangkan afektif menggunakan angket. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji t-dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif model TPS strategi peta konsep dan peta pikiran. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t-dua arah dengan taraf signifikan 5% dengan hasil uji t-dua arah diperoleh thitung = 2,05 > ttabel = 2,00 (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar afektif model TPS strategi peta konsep dan peta pikiran. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t-dua arah dengan taraf signifikan 5% dengan hasil uji t-dua arah diperoleh thitung = 3,08 > ttabel = 2,00.

Kata Kunci: Think Pair Share  (TPS), Peta Konsep, Peta Pikiran, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats