EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif TAI dengan media komik terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain Post-test only experimental design with control group. Sampel dalam penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk kognitif dan angket untuk afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode TAI dengan media komik lebih efektif daripada metode konvensional terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa karena dalam metode TAI terdapat asisten yang dapat membantu siswa lain dalam diskusi. Dibuktikan dengan hasil uji t-pihak kanan pada tes kognitif dengan t-hitung 1,961 dan pada tes afektif 2,125.
Kata kunci : efektivitas, metode kooperatif, TAI, komik, prestasi belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)