candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN BLENDED LEARNING DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Jatmiko Budhi Prakosa, J. S. Sukardjo, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan Blended Learning dengan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 1 SMA N Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian yang diambil adalah aspek minat dan prestasi belajar (aspek kognitif, afektif, psikomotorik). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket, wawancara, dan analisis dokumen.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning dengan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan siswa kelas XI IPA 1 SMA N Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Pada siklus 1 persentase minat belajar siswa adalah 73,375% meningkat menjadi 78,935% pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar kognitif siswa adalah 50,00% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 79,17% pada siklus 2. Persentase capaian afektif  adalah 72,34% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 75,83% pada siklus 2. Sedangkan aspek psikomotor telah tercapai 79,17% pada siklus 1 dan tidak diukur di siklus 2.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Blended learning, minat belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats