candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS XC SMA NEGERI 1 GUBUG TAHUN AJARAN 2012/2013

Erna Agustina, Agung Nugroho Catur Saputro, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan handout terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Jigsaw berbantuan handout dapat meningkatkan: (1) aktivitas belajar siswa dari 68,88% pada siklus I menjadi 76,99% pada siklus II, (2) prestasi belajar siswa pada aspek kognitif dari 27,78% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II dan pada aspek afektif dari 68,92% pada siklus I menjadi 77,56% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Jigsaw berbantuan handout dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas XC SMA Negeri 1 Gubug.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, Jigsaw, handout, aktivitas belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats