candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ida Hariyanti, . Haryono, JS Sukardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA 3 SMA Negeri  Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013.  Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, kajian dokumen, dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan keterampilan proses siswa yaitu 61,11% pada siklus I meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Pembelajaran model Problem Posing yang dilengkapi macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar  siswa mencapai 66,67% pada siklus I meningkat menjadi 86,11% pada siklus II. Aspek psikomotor siswa telah mencapai 77,78% pada siklus I. Aspek afektif siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 69,77% pada siklus I menjadi 79,98% pada siklus II.

Kata kunci: Problem Posing, keterampilan proses, dan prestasi belajar, kesetimbangan kimia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats