candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) YANG DILENGKAPI MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Fian Totiana, Elfi Susanti V.H., Tri Redjeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar siswa materi pokok koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian Randomized Subject Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (model CPS dilengkapi laboratorium virtual) dan kelas kontrol (metode konvensional). Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan metode tes objektif dan aspek afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujin hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran creative problem solving dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi pokok koloid. Terlihat dari hasil uji t pihak kanan diperoleh harga nilai t hitung yaitu 2,85 lebih tinggi dari harga t tabel yaitu 1,669 untuk prestasi belajar kognitif dan harga nilai t hitung yaitu 2,61 lebih tinggi dari harga t tabel yaitu 1,669 untuk prestasi belajar afektif.

Kata kunci : model creative problem solving (CPS), prestasi belajar, laboratorium virtual, koloid


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats