candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI DENGAN KEGIATAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ASAM, BASA, DAN GARAM

Apriana Indi Rigiyanita, . Haryono, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai dengan kegiatan demonstrasi pada materi pokok Asam, Basa, dan Garam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siwalan, Pekalongan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling (pemilihan kelas secara acak). Pengambilan data penelitian menggunakan teknik tes untuk kognitif dan teknik nontes berupa angket untuk afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) disertai kegiatan demonstrasi efektif diterapkan pada materi pokok Asam, Basa, dan Garam siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 1 Siwalan. Hal ini terlihat dari rata-rata selisih prestasi kognitif sebesar 26,40 untuk kelas eksperimen dan 17,60 untuk kelas kontrol. Rata-rata nilai afektif sebesar 95,67 untuk kelas eksperimen dan 91,90 untuk kelas kontrol, sedangkan berdasarkan hasil uji t-pihak kanan, diperoleh thitung sebesar 2,95 untuk prestasi kognitif dan 1,88 untuk nilai afektif dengan ttabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Demonstrasi, Asam, Basa, dan Garam



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats