candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BERTANYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Vika Muhitia Asti, Karsono, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the asking activity use card sort learning strategy. The form of this research is Classroom Action Research (CAR), that conducted in two cycles. The subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri Karangasem II Laweyan Surakarta, amounting to 27 students. The techniques of collecting data are observation, interview, questionnaires, and documentation. The techniques of analyzing data used interactive data analysis model (Miles and Huberman). Based on the result of the research, it can be concluded that card sort learning strategy can improves asking activity in the fourth grade students of SD Negeri Karangasem II Laweyan Surakarta in the academic year of 2014/2015.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan bertanya melalui penerapan strategi pembelajaran card sort. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II Laweyan Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif (Miles dan Huberman). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II Laweyan Surakarta tahun ajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268