candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Kondang Pranoto

Abstract


Abstract. Mathematics is the science that concerns to the abstract object, and requires a learning that helps
students in applying the course that is abstract. One of the alternative approaches that can facilitate abstract
mathematics material is a realistic mathematical approach. This class action research aims to improve
mathematical fraction learning quality through origami paper. Subject in this research is the Elementary School
fifth grade students Karanganyar Three school year 2016/2017 consisting 24 students. Research is conducted in
two phases, including preparation, action, observation and reflection phase. Data is taken both qualitatively and
quantitatively with test technique and non test. Based on the first data before conducting research, presentation
and learning result, the multiplication and subtraction material approximately 78,89%. Result phase 1 of
implementation is yielded teacher performance score 78,26 (B). In the second phase, teacher performance score
reaches 87,97 (A). In the first learning activity, the percentage of the students is 68,35% and the second learning
reaches 82,9%. In the first phase, average of learning result reaches 82,89 with the classical final score 85,29%.
While the second phase, average of learning result 90,46 with the classical final score 91,18%. So it can be
concluded that realistic mathematical approach with origami paper technique can improve the quality of fraction
learning.

Abstrak. Matematika merupakan ilmu yang kajian objeknya bersifat abstrak, sehingga diperlukan pembelajaran
yang membantu siswa dalam mengkonkretkan materi matematika yang abstrak. Salah satu alternatif pendekatan
pembelajaran yang dapat menjembatani materi matematika yang abstrak adalah pendekatan matematika realistik.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pecahan dengan menerapkan
pendekatan matematika realistik berbantuan kertas origami. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD
Negeri 03 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh adalah
data kuantitatif dan kualitatif menggunakan teknik tes dan non tes. Berdasarkan data awal sebelum penelitian,
persentase hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan pecahan sebesar 55,89%. Hasil pelaksanaan
siklus I diperoleh nilai performansi guru sebesar 78,26 (B). Pada siklus II, nilai performansi guru meningkat
menjadi 87,97 (A). Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa mencapai 68,35% dan pada siklus II
meningkat menjadi 82,9%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 82,89 dengan persentase
tuntas klasikal sebesar 85,29%. Sementara, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi
90,46 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 91,18%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan
matematika realistik berbantuan kertas origami dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pecahan.

Kata Kunci: Kertas Origami; Kualitas Pembelajaran; dan Pendekatan Matematika Realistik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268