candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA TENTANG MEMBIASAKAN HIDUP SEHAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS I SD NEGERI LANGENSARI 02 KECAMATAN UNGARAN BARAT.

M. N. Murtinah

Abstract


Abstract. Based on the observation of students learning process looks less active so student are not creativity.
This type of the research is a classroom action research. The subjects of this research were the first grade
students of SD Negeri Langensari 02, Ungaran Barat as many as 28 students. The action procedure is conducted
by 4 phases: planning, implementation, evaluation and reflection. The data of this reasearch were collected
through observation as well as tests at the end of the cycle. The results of the action study stated that the number
of students who completed in the pre cycle there are 11 students or with a percentage of 40%, in the first cycle
has increased mastery to 19 students or 67%, and in cycle II to 28 students or reach 100% experiencing
completeness with KKM 7. Based on the results is Cooperative type Jigsaw model can improve the
understanding of science about healthy living at first grade student of SD Negeri Langensari 02 Ungaran Barat.

Abstrak. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif sehingga tidak muncul
kreatifitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah
siswa kelas I SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat sejumlah 28 siswa. Prosedur tindakan
dilakukan dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta refleksi. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi serta tes di akhir siklus. Hasil penelitian tindakan menyatakan bahwa jumlah siswa
yang tuntas pada pra siklus ada 11 siswa atau dengan persentase 40%, pada siklus I mengalami peningkatan
ketuntasan menjadi 19 siswa atau 67%, dan pada siklus II menjadi 28 siswa atau mencapai 100% mengalami
ketuntasan dengam KKM 70. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan metode kooperatif jigsaw
efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pemahaman IPA tentang membiasakan hidup
sehat pada siswa kelas I SD Negeri Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat.

Kata kunci: Kooperatif tipe jigsaw, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268