candi borobudur kerajaan di indonesia

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)DENGAN BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Endah Dwi Widowati

Abstract


Abstract: In general, the aim is to improve the quality of learning of students in class III SD Negeri 1 Karangrayung. Specifically aims to: (1) Describe the activities of learners; (2) Describe the learning management by teachers; and (3) Knowing the learning outcomes of learners which refers to CTL (Contextual Teaching and Learning) method in class III SD Negeri 1 Karangrayung odd semester of academic year 2015/2016 for science subjects on plant materialization material. Learning activities are conducted with 2 cycles. Cycle I can be seen that as many as 20 students or 74% have reached a minimum mask with the use of KKM 70, while 7 students or 26% still get less than 70 or not reached KKM. In Cycle II all students can reach the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM = 70) that is 27 students or 100%. The average score is 87.2 while the highest score is 100 and the lowest is 70. Based on comparative results before the completed action is only 15 students with a percentage of 56%. After the first cycle the number of completed students increased to 20 students with 74% percentage, while after cycle II all students complete with 100% percentage. This proves that learning CTL method (Contextual Teaching and Learning) can improve science learning outcomes.

Abstrak : Secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas III SD Negeri 1Karangrayung. Secara khusus bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada metode CTL ( Contextual Teaching and Learning ) pada kelas III SD Negeri 1 Karangrayung semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 untuk mata pelajaran IPA tentang materi pengelompokkan tumbuhan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus.Siklus Idapat terlihat bahwa sebanyak 20 siswa atau 74% sudah mencapai ketuntasan minimal dengan penggunaan KKM 70, sedangkan 7 siswa atau 26% masih mendapatkan nilai kurang dari 70 atau belum mencapai KKM. Pada Siklus II semua siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM = 70) yaitu 27 siswa atau 100%. Nilai rata-ratanya adalah 87,2 sedangkan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendahnya adalah 70. Berdasarkan hasil secara komparatif sebelum diadakan tindakan yang tuntas hanya 15 siswa dengan persentase 56%. Setelah siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 siswa dengan persentase 74%, sedangkan setelah siklus II semua siswa tuntas dengan persentase 100%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Kata Kunci :Hasil belajar, Pengelompokkan tumbuhan, Metode CTL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268