candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDAMPINGANGURU PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Kasno Kasno

Abstract


Abstract: Kasno .2017. The low competence of class V teachers in SD Negeri 1 Kebonagung UPTD Pendidikan Kecamatan Tegowanu Grobogan District became the main problem faced by the principal as the control holder in the school. Efforts are made to overcome these problems is by teacher assistance activities in teaching activities by applying the CTL method. The aim is to improve teacher competence especially on applying CTL learning model. The technique is done with the implementation of managerial supervision. This research was conducted in two cycles, To measure the improvement of teacher competence in the leveling done by conducting assessment activities at the end of each cycle. Data analysis is done by comparing the results on the initial conditions, the results of cycle I, the results of cycle II. The results showed that the improvement of the competence of class V teachers can be evidenced by the improvement of all aspects of teacher competence assessment. Ridings on the RPP in the initial condition only get the value of 15, in the first cycle only 17, in the second cycle increased to 26. Student observation results in learning activities in 2 cycles of implementation of learning activities showed significant improvement. Where in the initial condition only get the value of 25, in the first cycle only 40, in the second cycle increased to 72, and on the implementation of learning activities with the application of CTL approach, obtained results that in the initial conditions to get the amount of 40, increased to 50, and improved quite well to 82 in the second cycle. From the above description it can be concluded that the assistance activities conducted by the principal proved effective in improving the competence of class V teachers in teaching at SD Negeri 1 Kebonagung UPTD Pendidikan Kecamatan Tegowanu Grobogan District Keywords: competence, mentoring, CTL

Abstrak: Kasno.2017.Rendahnya kompetensi guru kelas V di SD Negeri 1 Kebonagung UPTD Pendidikan Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan menjadi pokok permasalahan yang dihadapi oleh kepala sekolah sebagai pemegang kendali di sekolah.Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan kegiatan pendampingan guru dalam kegiatan mengajar dengan menerapkan metode CTL.Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya pada penerapan model pembelajaran CTL.Adapun teknik yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan supervisi manajerial.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Untuk mengukur peningkatan kompetensi guru dalam mengajat dilakukan dengan melakukan kegiatan penilaian pada setiap akhir siklus.Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi guru kelas V dapat dibuktikan dengan peningkatan semua aspek-aspek penilaian kompetensi guru. Penilaan terhadap RPP pada kondisi awal hanya mendapatkan nilai 15, pada siklus pertama hanya 17, pada siklus kedua meningkat menjadi 26. Hasil observasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam 2 siklus pelaksanaan kegiatan pembelajaran menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Di mana pada kondisi awal hanya mendapatkan nilai 25, pada siklus pertama hanya 40, pada siklus kedua meningkat menjadi 72, dan pada aspek pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan penerapan pendekatan CTL, diperoleh hasil bahwa pada kondisi awal mendapatkan jumlah sebesar 40, mengalami peningkatan menjadi 50, dan meningkat cukup baik menjadi 82 pada siklus kedua. Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah terbukti efektif meningkatkan kompetensi guru kelas V dalam mengajar di SD Negeri1 Kebonagung UPTD Pendidikan Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan
Kata Kunci :kompetensi, pendampingan, CTL


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268