candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor

Diah Indah Suwarni, Surti Kurniasih, R. Teti Rostikawati

Abstract


Abstract: This research was a collaboratively classroom action among researcher, observer, and researched object. The purpose of this research was to improve student learning outcomes. The experiment was conducted from April to May 2016 in class VII H Junior High School PGRI Suryakencana. In this study there were 35 students. This class consisted of 17 female students and 18 male students with different characteristics. There are 4 stages for every cycle: planning, implementation, observartion, and reflection. After Think-Talk-Write (TTW) learning model and Reciprocal demonstration in cycle one was applied, student’s average score gained 70,11 with 62,82% for Minimum Mastery Criteria. In cycle two, it increased into 74,66 with 77,14% for Minimum Mastery Criteria. Moreover, student activity in learning process was increasing for every cycle. Cycle 1 gave 67,32%, meanwhile cycle 2 gave 79,29%. It collerated with increasing student’s enthusiasm. Based on the results it can be concluded that the application of Learning Model Think-Talk-Write (TTW) and Reciprocal Demonstration could improve learning outcomes of students of class VII H Junior School PGRI material Suryakencana ecosystem.

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan objek yang akan diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2016 di kelas VII H di SMP PGRI Suryakencana. Dalam penelitian ini terdapat 35 siswa. Terdiri atas 17 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki dengan karakteristik yang berbeda. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdapat empat tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocal pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 70,11 dengan persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 62,82%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 74,66, dengan persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 77,14%. Pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 67,32%. Pada siklus II antusias siswa lebih meningkat, yaitu mencapai 79,29%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H SMP PGRI Suryakencana materi ekosistem.

Kata Kunci : Model pembelajaran, Think-Talk-Write (TTW), Demonstrasi, Reciprocal, dan hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268