candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Muji Amiarsi

Abstract


Abstract: The objectives of the research are as follows: to know the improvement of basic motion ability of long jump style squatting through the implementation of Play Approach in grade V students of SD Negeri 1 Saban Gubug Sub-district Grobogan Semester I of academic year 2016/2017 ". The designs stipulated in this study are classroom action research (Classroom Action Research). The study consisted of two cycles. In one cycle or round consists of four components namely planning (planning), implementation (acting), observation (obserVng), and reflection (reflecting). The subjects of this study are teachers and students of grade V SD Negeri 1 Saban Gubug Sub-district Grobogan District. The number of students is 40 students consisting of 23 men and 17 women. This research was conducted in class V SD Negeri 1 Saban Kec. Gubug Kab. Grobogan. The study period began on 15 August to 31 October 2016. The results showed that Through the play approach can improve the ability of the long jump motion style squatting on the students of grade V SD Negeri 1 Saban Gubug Subdistrict Grobogan District Semester I Year 2016/2017 ". Are: a) Student activity (Affective) Jump Swing Jump Style 59% increase, b) Understanding Concept (Koqnitif) Jump jumping Style Squad 64%, c) Mastery of Long Skip Strength Style Squatting (Psikomotor.): Basic motion pengusaan increased 55%, long jump results increased 41%, d) Student Learning Outcomes in the Jump Jump Style Distance Learning increased 72%

Abstrak: Tujuan penelitian sebagai berikut : untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan Pendekatan Bermain pada siswa kelas V SD Negeri 1 Saban Kecamatan Gubug kabupaten Grobogan Semester I Tahun ajaran 2016/2017”. Rancangan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian terdiri dua siklus. Dalam satu siklus atau putaran terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obserVng), dan refleksi (reflecting). Subjek Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Saban Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jumlah siswa sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 17 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Saban Kec. Gubug Kab. Grobogan. Waktu penelitian dimulai tanggal 15 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui Pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 1 Saban Kecamatan Gubug kabupaten Grobogan Semester I Tahun ajaran 2016/2017”.Peningkatan tersebut adalah: a) Aktivitas siswa (Afektif) Lompat Jauh Gaya Jongkok meningkat 59 %, b) Pemahaman Konsep (Koqnitif) Lompat Jauh Gaya Jongkok menigkat 64 %, c) Penguasaan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok (Psikomotor.): pengusaan gerak dasar meningkat 55 %, hasil lompat jauh meningkat 41 %, d) Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok meningkat 72 %

 

Kata kunci: pendekatan bermain, lompat jauh, gaya jongkok, peningkatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268