candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF MELALUIMETODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS)MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Basuki, Nyoto Harjono

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine whether the process and the results of learning Indonesian class 2 SD Negeri Salatiga 12 can be improved with the model of communicative learning through the method of SAS using the media image semester II, the academic year 2016/2017. The design of this study is a classroom action research (PTK). Data collection techniques by means of observation and evaluation. Instrument of data collection with observation sheet, written test and description choice. Data analysis technique by means of percentage for quantitative data (learning outcomes). The result of the research shows that there is an increase of learning result of Indonesian students of 2nd grade of SD Negeri Salatiga 12 semester II, academic year 2016/2017. After given the action of communicative learning through SAS method using image media, in cycle I happened improvement of student learning result shown by increase of student study result percentage. Before action as many as 11 students (35%) complete. After the action is given in cycle I, there is a total increase to 15 students (50%). In cycle II there was a total increase of 30 (94%).

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SD Negeri salatiga 12 dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran komunikatif melalui metode SAS menggunakan media gambar semester II, tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan uraian. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar).Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar  Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SD Negeri Salatiga 12 semester II, tahun pelajaran 2016/2017. Setelah diberikan tindakan pembelajaran komunikatifmelalui metode SAS menggunakan media gambar, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh kenaikan persentase hasil belajar siswa. Sebelum tindakan sebanyak 11 siswa (35%) yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 15 siswa (50%). Pada siklus II terjadi  peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 30 (94%).

 

Kata kunci :Komunikatif,SAS,Media Gambar, Proses,Hasil Belajar 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268