candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN “PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU ECAMATAN (PATEN)” DALAM RANGKA STANDARISASI MANAJEMEN PELAYANAN DI KECAMATAN TAMAN, KABUPATEN SIDOARJO

Trenda Aktiva Oktariyanda, Galih W. Pradana

Abstract


Penerapan “Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)” Dalam
Rangka Standarisasi Manajemen Pelayanan di Kecamatan Taman, Kabupaten
Sidoarjo. Sebuah penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan
dalam penyelenggaraan pelayanan publik kepada publik/masyarakat adalah
seperti persyaratan yang sulit, mekanisme dan prosedur yang berbelit-belit
dan lokasi kantor pelayanan terpadu yang sulit dijangkau oleh masyarakat
serta faktor pendukung maupun faktor penghambat. Jenis-jenis pelayanan
yang ada di Kecamatan Taman antara lain: Pelayanan Kartu Tanda Penduduk
(KTP), Pelayanan Kartu Keluarga (KK), Pelayanan Surat Pindah Datang,
Pelayanan Surat Pindah Keluar, Pelayanan Pengumuman Akte Perkawinan
Non Muslim, Pelayanan Surat Keterangan Pencari Kerja, Pelayanan
Rekomendasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Izin Mendirikan
Bangunan (IMB) Rumah Tinggal Non Tingkat Non Perumahan dengan luas
dibawah 200 M2, Pelayanan Pengesahan Surat keterangan Waris. Hasil dari
penelitian ini adalah penerapan PATEN dalam pelayanan Kecamatan Taman
telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar
Pelayanan (SP) Kecamatan Taman. Faktor pendukungnya adalah menerapkan
pola Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), ketersediaan sarana dan
prasarana, adanya inovasi dalam pelayanan publik yaitu menambah jam buka
pelayanan pada hari sabtu dan inovasi IMB Mobile. Faktor penghambat
antara lain masih terdapat biro jasa (calo) dan kurangnya jumlah sumber
daya manusia atau pegawai.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
(PATEN).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.