candi borobudur kerajaan di indonesia

Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Mind Maps

Tiwi Andika Putri, Moh Salimi, Sudarso Sudarso, Dewanta Arya Nugraha

Abstract


Mind Map is an alternative method that can be used to teach science material. The study aimed to determine science learning outcomes through the Project Based Learning (PjBL) learning model assisted by Mind Maps. This research is collaborative classroom action research carried out in two cycles. The subjects were fourth grade students at SD Negeri Tunnggulsari 2 Surakarta. Data collection techniques used in this research are observation and tests. The data analysis method used in this research is descriptive qualitative and descriptive quantitative. The results of this research show that the Project Based Learning model assisted by Mind Maps can improve the learning outcomes of class IV students at SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta in science learning. The results of student learning completeness in the first cycle were 48%. This percentage had not yet reached the research success indicator so it was continued in the second cycle. In the second cycle, students' learning completion results increased to 81%.

Mind Map merupakan satu alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengajarkan materi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Mind Maps. Penelitian ini merupakan peneitian Tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini desriptif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Mind Maps dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta pada pembelajaran IPAS. Hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 48%. Presentase tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 81%.

Keywords


Hasil belajar, project based learning, mind maps

Full Text:

PDF

References


Buzan, Tony. 2009. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia

Efendi, N., & Putri, L. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Hidayati, T.P., Sutresna, Y., & Warsono. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi 9(1), 1-10.

Kardawati, A., & Rulviana, V. (2020). Pembelajaran Terpadu (E. Riyanto, Ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Keilmuan, J., Pendidikan, M., Nugraha, M., Negeri, S., Cikulur, S. A., Lebak, K., & Banten, P. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. 4(01), 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.

Lestari N., Titi A., & Nur N. 2021 Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA 8.2: 491-497. ISSN : 2548-6756.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhsam, J., Hasyida, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. 5(3), 11.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Assesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75-94.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018a). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara.

Wulandari, Yulia, and Misbahul Jannah. 2018. "Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 38 Aceh Besar." Prosiding Seminar Nasional Biotik. Vol. 6. No.

Zubaidah, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. https://www.researchgate.net/publication/336511419




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i2.13475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649