candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Numbered Head Together Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 1 Purwonegoro

Alib Palipur Setya Widodo, Moh Salimi, Prihati Prihati, Siti Nurkhayati

Abstract


Findings of mathematics learning problems in first grade of SDN 1 Purwonegoro resulted in low student motivation and impact on learning outcomes. Teachers have not used innovative learning models and media. So, the researcher chose the numbered head together model with concrete media. The purpose of this research is to improve teacher skills, student activities, and learning outcomes. This research is a collaborative classroom action research. The research subjects were teachers and students. Data collection techniques using tests, observations, and field notes. The results showed that the data on teacher skills in cycle I was 24, cycle II was 27, and cycle III was 30. Student activities in cycle I averaged 26.39, cycle II was 27.22, and cycle III was 29.28. The average mathematics learning outcomes in the first cycle was 79.93, the second cycle was 81.82, and the third cycle was 89.46. Thus, the application of the numbered head together model assisted by concrete media can improve teacher skills, student activities, and mathematics learning outcomes in first grade of SDN 1 Purwonegoro.

Temuan permasalahan pembelajaran matematika di kelas I SDN 1 Purwonegoro mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa dan berimbas pada hasil belajar. Guru belum menggunakan model dan media pembelajaran inovatif. Maka, peneliti memilih model numbered head together dengan media konkret. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan data keterampilan guru siklus I sebesar 24, siklus II sebesar 27, dan siklus III sebesar 30. Aktivitas siswa siklus I rata-rata skor sebesar 26,39, siklus II sebesar 27,22, dan siklus III sebesar 29,28. Hasil belajar matematika rata-rata pada siklus I 79,93, siklus II 81,82, dan siklus III 89,46. Dengan demikian, penerapan model numbered head together berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika pada siswa kelas I SDN 1 Purwonegoro.

Keywords


Matematika, Numbered Head Together, Media Konkret

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Ditpsd Kemdikbud. 2022. Apa Itu Literasi dan Numerasi?. Diakses pada 31 Mei 2023 dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/

Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: Kunci-kunci Rahasia Agar Mudah Melaksanakan PTK dan Menulis Laporan PTK untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Yogyakarta: Araska.

Estina Ekawati. 2011. Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. Diakses pada 31 Mei 2023 dari http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2011/10/05/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikasari. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Perpindahan Kalor dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Media Konkret. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. ISSN: 2338-9400. Vol.9 No.1.

Kemdikbudristek. Kurikulum Merdeka. Diakses pada 31 Mei 2023 dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Lestari, Yunita Retnani. 2018. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema 7 Sebtema 1 melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas 1 SD Ledok 02 Salatiga. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. ISSN: 2338-9400. Vol.6 No.6.1.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sulistiyowati, Eni. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas V SDN 1 Waluyorejo Tahun Ajaran 2012/2013. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. ISSN: 2338-9400. Vol.4 No.3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko, Sugeng Eko Putro. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulan, Dara Retno dan Rasfaniwaty. 2022. Buku Panduan Guru Matematika untuk SD/MI Kelas 1. Jakarta: Kemdikbudristek.

Yogi Anggraena dkk. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kemdikbudristek.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i2.13473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649