candi borobudur kerajaan di indonesia

Evaluasi Perkerasan Kaku Jalan Desa dengan Program KENPAVE di Wilayah Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro

Ahmad Hasim, Florentina Pungky Pramesti, Ary Setyawan

Abstract


Currently in the Bojonegoro Regency area, massive road pavement construction has been and is being carried out. Most of the district's main roads have been built using rigid pavement. Likewise in rural areas, the village government has built rigid pavement in stages. KenPave "Kentucky Flexible Pavement Design System," which is a software application used to design flexible asphalt roads in the state of Kentucky, United States. KenPave is a tool developed by the Kentucky Transportation Cabinet (KTC) to assist engineers and road designers in planning and designing durable and safe road pavement. Apart from that, a Pavement Condition Index (PCI) is also needed. PCI data is very important for transportation agencies and authorities to make the right decisions regarding which road pavement requires maintenance or rehabilitation. By regularly assessing road pavement conditions using PCI, they can allocate resources efficiently, prioritize repairs, and extend the life of road infrastructure. This research aims to evaluate the condition of the rigid pavement of rural roads and compare it with the condition of the rigid pavement of urban roads, taking the case of rural and urban roads in Bojonegoro district. Meanwhile, the implementation of the Kenpave application is to implement long-term performance on rigid pavement, which is the main objective of the road construction problems experienced by the village.

Saat ini di wilayah Kabupaten Bojonegoro telah dan sedang dilakukan pembangunan perkerasan jalan yang masive. Sebagian besar ruas jalan poros kabupaten telah dibangun dengan menggunakan perkerasan kaku. Begitu juga di pedesaan, pemerintah desa telah membangun perkerasan kaku secara bertahap. KenPave "Kentucky Flexible Pavement Design System," yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk merancang jalan aspal fleksibel di negara bagian Kentucky, Amerika Serikat. KenPave adalah alat yang dikembangkan oleh Kentucky Transportation Cabinet (KTC) untuk membantu para ahli jalan dalam merencanakan dan merancang perkerasan jalan yang tahan lama dan aman. Selain itu diperlukan juga Pavement Condition Index (PCI), Data PCI sangat penting bagi badan transportasi dan pihak berwenang untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai perkerasan jalan mana yang memerlukan pemeliharaan atau rehabilitasi. Dengan menilai kondisi perkerasan jalan secara berkala menggunakan PCI, mereka dapat mengalokasikan sumber daya secara efisien, memprioritaskan perbaikan, dan memperpanjang umur infrastruktur jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi perkerasan kaku jalan pedesaan dan membandingkannya dengan kondisi perkerasan kaku jalan perkotaan, dengan mengambil kasus jalan pedesaan maupun perkotaan yang ada di kabupaten Bojonegoro. Sedangkan untuk penerapan aplikasi Kenpave adalah untuk menerapkan kinerja jangka panjang pada perkerasan kaku yang mana menjadi tujuan pokok dari permasalahan konstruksi jalan yang dialami oleh desa.



Keywords


evaluasi, jalan desa, perkerasan kaku.

Full Text:

PDF

References


Binamarga, “Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerj. Umun dan Perumah. Rakyat, 2022, [Online]. Available: https://binamarga.pu.go.id

D. Syifaurrahman, M. Fauzan, and T. Sudibyo, “Evaluasi Geometri dan Perlengkapan Jalan Lingkar Leuwiliang Bogor,” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 4, no. 2, pp. 149–168, 2019, doi: 10.29244/jsil.4.2.149-168.

M. I. Mahdi, “Panjang Jalan Indonesia Capai 548.423 Km pada 2021,” 2022. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/panjang-jalan-indonesia-capai-548423-km-pada-2021 (accessed Sep. 16, 2023).

P. J. D. Sihombing and B. H. Susilo, “ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA JALAN TOL SERANG–PANIMBANG, BANTEN,” Pros. Semin. Intelekt. …, 2022, [Online]. Available: https://trijurnal.trisakti.ac.id/index.php/sim/article/view/14584

Rizaldi, Hermansyah, and A. Mawardin, “Analisis Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Pci (Pavement Condition Index),” J. TAMBORA, vol. 7, no. 2, pp. 63–66, 2023, doi: 10.36761/jt.v7i2.3007.

R. P. P. Ahmad Alfian Fauzi, Hani Zulfia Zahro’, “ANALISIS PERBANDINGAN METODE TOPSIS DAN SAW DALAM PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DI KABUPATEN REMBANG Ahmad,” vol. 4, no. 2, pp. 29–36, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/2676

A. Widodo, “EVALUASI KONDISI PERKERASAN DAN PREDIKSI SISA UMUR PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX, BINA MARGA DAN METODE MEKANISTIK- EMPIRIK DENGAN PROGRAM KENPAVE (Studi kasus Ruas Jalan Magelang – Yogyakarta Sta 11±000 – Sta 12±000),” Energies, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v2i1.13465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649