candi borobudur kerajaan di indonesia

Character Development of Child Prisoners to Form a Good Citizen

Retno Azizah, Triyanto Triyanto, Gamal Abdul Nasir Zakaria

Abstract


The purpose of this study is to describe the character building policy for child inmates to form good citizens. The form of research that will be used is descriptive analytical qualitative research. Some data collection techniques used are observation, interviews, documentation, and literature studies. Data analysis includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the purpose of fostering for Prisoners and Penitentiary Students (ANDIKPAS), is closely related to the purpose of punishment. However, the penitentiary is not a place to punish children, but is a place to nurture children and educate children so that they will not repeat their actions. The benefits of doing character building include raising moral awareness on Andikpas. Character development can be done through character education. Character development in Kutoarjo LPKA is carried out using the assignment, habituation, training, learning, direction and exemplary methods. To prepare and equip the future of Andikpas, LPKA has prepared a series of applicable skills training. Among other things, training, fisheries training, farming, and job training make items that can be sold.

Keywords: policy; coaching; character.


Full Text:

PDF

References


Affandi, Agus. 92016). Dampak Pemberlakuan Undang-Undang Perlindungan Anak terhadap Guru dalam Mendidik Siswa. Jurnal Hukum, vol 2, nomor 2, halaman 196. Diperoleh tanggal 25 Mei 2020, dari https://media.neliti.com.

Alawiyah, Faridah. (2012). Kebijakan Pengembangan Pembangunan Karakter melalui Pendidikan di Indonesia. Jurnal Aspirasi, vol. 3, nomor 1, halaman 90. Diperoleh 30 Maret 2020, dari https://jurnal.dpr.go.id.

Bahiej, Ahmad. (2017). Pembinaan bagi Anak Didik Pemasyarakatan Pelaku Kejahatan Seksual di Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Kelas IIA Yogyakarta. Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia, vol 6 nomor 2, halaman 230-231. Diperoleh tanggal 16 Mei 2020, dari http://ejournal.uin-suka.ac.id.

Chusniatun. (2018). Sistem Perlindungan Hukum bagi Anak di Lembaga Pemasyarakatan dalam Perspektif Konvensi Internasinal Hak-Hak Anak. Jurnal Suhuf, vol 30, nomor 1, halaman 105. Diperoleh 29 Maret 2020, dari http://journals.ums.ac.id.

Dharma Kesuma, dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya. http://smslap.ditjenpas.go.id. Diakses pada tanggal 29 Maret 2020.

Maharis, Arkham. (2015). Pembinaan Anak Didik Pemsyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Masnur Muslich. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashriana. (2011). Perlindungan Hukum Pidana bagi Anak di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ningsih, Tutuk. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Oktaviana, Shintia. (2017). Pembinaan Moral terhadap warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Tegal. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Romadoni, Siti Fauziah. (2017). Implementasi Kebijakan Pembinaan dan Pembimbingan sebagai Pendidikan Karakter bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, vol 6 nomor 5, halaman 475-479. Diperoleh 9 Mei 2020, dari http://eprint.uny.ac.id.

Rukiyati. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, vol 3, nomor 2, halaman 201. Diperoleh 18 Mei 2020, dari https://media.neliti.com.

Suara Merdeka. (2019, 7 Agustus). Terpidana Anak dari LPKA Purworejo Raih Prestasi. Diperoleh 4 Mei 2020, dari https://suaramerdeka.news/terpidana-anak-dari-lpka-purworejo-raih-prestasi/.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Winarto, Dedy. (2019, 27 Maret). Anak LPKA Kutoarjo Ikuti Pembinaan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara. Diperoleh 4 Mei 2020, dari http://mx2.ditjenpas.go.id/anak-lpka-kutoarjo-ikuti-pembinaan-kesadaran-berbangsa-bernegara.

Winarto, Dedy. (2019, 20 Juni). Anak LPKA Kutoarjo Berlatih Sablon. Diperoleh 4 Mei 2020, dari https://jateng.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-upt/3842-anak-lpka-kutoarjo-berlatih-sablon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2775-8818 (Online)