candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEDIRGANTARAAN UNTUK MENINGKATKAN JATI DIRI BANGSA DAN PRESTASI SISWA KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 MAOSPATI

Tutik Sulastri, Sariyatun Sariyatun

Sari


Latar Belakang : Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini adalah terjadinya degradasi moral anak bangsa sebagai akibat dari tayangan televisi yang tidak mendidik, pemberitaan kasus korupsi, perkelahian antar pelajar, kehidupan ekonomi yang konsumtif, semakin lemahnya kejujuran, semakin diabaikannya hukum dan peraturan yang berlaku, semakin langkanya tokoh-tokoh yang bisa menjadi panutan, , masalah lain yang tidak kalah penting adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik yang ditunjukan oleh hasil Ulangan Tengah Semester yang kurang dari KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini  adalah (1). Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kedirgantaraan pada siswa kelas XII IPS1 SMA negeri 1 Maospati, (2). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kedirgantaraan pada siswa kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Maospati, (3). Untuk mengetahui sejauhmana integrasi nilai-nilai kedirgantaraan nilai-nilai kedirgantaraan dengan pembelajaran sejarah dapat meningkatkan Jati Diri Bangsa dan prestasi belajar siswa di kelas XII IPS1 SMA Negeri1 Maospati.

Metode : Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Populasi sumber adalah peserta didik kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Maospati. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, angket skala sikap, dan catatan lapangan.Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian : Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran CTL terhadap peserta didik dapat meningkatkan Jati Diri Bangsa bangsa sebesar 91% dan prestasi belajar 90%

Kesimpulan : Implementasi pembelajaran sejarah dengan mengintegrasikan nilai-nilai kedirgantaraan dapat meningkatkan Jati Diri Bangsa bangsa dan prestasi belajar peserta didik kelas XII IPS1 SMA Negeri 1 Maospati.

Kata Kunci : PTK, CTL, Sejarah, Prestasi, Jati Diri Bangsa


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.