candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon ProgoTahun 2013/2014

Sri Oktafiana, Sariyatun Sariyatun

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya : 1) Pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Make a Match terhadap prestasi belajar Sejarahpada siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2013/2104. 2) Pengaruh antara minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar Sejarahpada siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2013/2104. 3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajarsiswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2013/2104. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo yang terdiri dari 12 SMA Negeri. Peneliti mengambil dua sekolah untuk dijadikan sampel dengan anggota sampel penelitian berjumlah 64 siswa, yang diambil dengan multi stage cluster random sampling. Jumlah tersebut berasal dari dua kelas yang mewakili dari X3 SMA Negeri 1 Pengasih sebagai kelas ekperimen dan X1 SMA Negeri Kokap sebagai kelas kontrol.

              Dalam penelitian ini terdapat terdapat dua variabel yaitu variabel bebas  (independen variable) dan variabel independen atribut serta satu variabel terikat (dependen variable). Variabel bebas : pembelajaran dengan model Numbered Heads Together dan Make a Match. Variabel terikat adalah prestasi belajar Sejarah. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemudian dari data yang dikumpulkan diolah menggunakan analisis variansi dua jalur 2 x 2.

              Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Make a Match terhadap prestasi belajar Sejarah (F observasi > F tabel atau 64,588 > 4,00). 2) Ada perbedaan pengaruh antara minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar Sejarah (F observasi > F tabel atau 138,288 > 4,00). 3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa(F observasi > F tabel atau 5,033 > 4,00).

Kata Kunci : Model PembelajaranKooperatif, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Model Pembelajaran Make a Match, MinatBelajar, PrestasiBelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.