candi borobudur kerajaan di indonesia

MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI PETIK LAUT UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS SOSIAL SISWA DI SMAN 1 KENCONGKABUPATEN JEMBER

M Iqbal Ibrahim H, Sariyatun Sariyatun

Sari


Setiap kearifan lokal yang ada di daerah mengandung nilai-nilai kebajikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu lembaga yang juga bertanggung jawab untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal tersebut adalah lembaga pendidikan. Solidaritas menekankan keadaan pada hubungan antar individu dan kelompok, serta mendasari keterikatan bersama dalam kehidupan dengan didukung nilai-nilai moral dan kepercayaan yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan sikap solidaritas sosial, budaya, dan keagamaan yang ada pada tradisi Petik Laut melalui pendidikan kepada peserta didik, terutama dalam hubungannya dengan sekolah dan masyarakat.

Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan konsep yang telah dibuat oleh Borg and Gall. Implementasi tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model. Analisis data kelayakan model menggunakan skala Likert dengan rentang 5, sedangkan uji efektivitas model menggunakan uji T.

Pada Uji T diperoleh nilai 2,576 dengan signifikansi 0,013 < 0,025, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dikembangkan. Sedangkan Uji T untuk penilaian sikap solidaritas sosial sebesar 5,942 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,025, sehingga rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap solidaritas sosial siswa.

Model yang diterapkan menunjukkan bahwa rata-rata untuk kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih baik dari kelas kontrol. Dengan demikian model pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap solidaritas sosial siswa.

Kata Kunci : nilai kearifan lokal, pengembangan model, solidaritas sosial


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.