candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH METODE INKUIRI DAN MINAT BELAJAR IPS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2012-2013 (Studi Eksperimen SDN Bela Rakyat 053964 Dan SDN 050601 Kuala)

Andres M Ginting, Sariyatun Sariyatun

Sari


Latar belakang: Meningkatkan kreativitas siswa didalam proses belajar mengajar. Sikap ini dapat membantu siswa dalam memproses sejumlah bahan pelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh metode inkuiri dan minat belajar IPS terhadap kreatitivitas siswa di kecamatan kuala kabupaten langkat tahun ajaran 2012-2013

Metode: Populasi penelitian seluruh siswa SD negeri di wilayah kecamatan kuala di kabupaten langkat. Teknik sampel yang digunakan Multi Stage Cluster Random Sampling. Sampel tersebut adalah SDN Bela Rakyat 053964 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 050601 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol.Total sampel 63 siswa. Menggunakan Desain faktorial 2x2. Alat pengumpulan data yaitu Angket. Uji hipotesis menggunakan Anava Dua jalan.

Hasil:1)Tidak ada perbedaan pengaruh antara metode Inkuiri dan metode ceramah bervariasi terhadap kreativitas siswa dalam pelajaran IPS materi sejarah Siswa kelas V SD  Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.2)Ada perbedaan pengaruh antara Minat belajar IPS tinggi dan rendah  Terhadap  kreativitas siswa dalam pelajaran IPS materi sejarah siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat,3)Tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode inkuiri dan minat belajar IPS terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat.

Kata kunci : Inkuiri, Minat Belajar IPS, Kreativitas, Sikap, siswa

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.