candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI DI KOTA MADIUN

Arfan Diansyah, Sariyatun Sariyatun

Sari


Latar Belakang : Suatu masalah ketika pembelajaran sejarah berlangsung adalah peserta didik hanya dapat mengetahui isi materi sejarah tanpa memahaminya secara mendalam, keadaan demikian menjadikan peserta didik kurang mampu untuk berpikir secara kritis dalam memaknai peristiwa sejarah. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar diduga merupakan variabel yang berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri di Kota Madiun.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial 2 kali 2  (2 x 2). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMA negeri di kota Madiun dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IS SMA Negeri 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IS SMA Negeri 2 sebagai kelas kontrol tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah sampel terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling multi stage random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan akngket (kuesioner) untuk variabel motivasi belajar dan test objektif untuk variabel kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Anova dua jalan (statistik parametrik).

Hasil : Hasil perhitungan menunjukan bahwa : (1) Ada pengaruh model CTL terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA negeri di kota Madiun. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri di kota Madiun. (3) tidak ada interaksi pengaruh antara model CTL dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri di kota Madiun.

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Model CTL, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.