candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS dengan Media Visualisasi Museum Gula Gondang Winangun Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2013/2014

Supanti Supanti, Hermanu Joebagio, Akhmad Musadad

Sari


Abstrak : Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS dengan media visualisasi Museum Gula Gondang Winangun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2013/2014?

     Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas berupa perlakuan (treatment) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII H yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 16 perempuan. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan pembelajaran, informan, dokumen nilai dan foto kegiatan.  

      KKM IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta 8,0 dengan ketuntasan klasikal 85%. Setelah perlakuan (treatment) selama 3 siklus hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang dicapai adalah nilai tes kemampuan berpikir kritis di siklus I: 63.38%, siklus II: 80.76% dan siklus III: 92.30% dengan nilai rata-rata siklus I: 76.92, siklus II: 80.72 dan siklus III: 85.0. Nilai kemampuan berpikir kritis dalam diskusi pada siklus I: 73.07%, siklus II: 81.25% , siklus III: 87.5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa nilai siklus I: 77.31, siklus II: 80.38, siklus III: 84.81. Dengan ketuntasan dalam siklus I: 69.23%, siklus II: 79.92% dan siklus III:  88.4%.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Visualisasi,

Pembelajaran  IPS,   Berpikir Kritis.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.