candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kroya Tahun Pelajaran 2012/2013)

Esti Nurhayati, Hermanu Joebagio

Sari


Latar Belakang: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan kompetensi belajar dalam mata pelajaran sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Kroya kelas XI IPS 4 semester 2 tahun 2012/2013, jumlah responden sebanyak 35 siswa.

Metode: Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data berupa dokumentasi, pengamatan atau observasi dan tes. Sumber data ini diambil hasil test. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yang berupa teknik dokumentasi, observasi, dan test maka alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa  dokumen nilai, butir soal pre test dan post test siklus I, siklus II dan siklus III. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan kegiatan tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan validasi isi.

Hasil: Rancangan atau desain pembelajaran sejarah yang merujuk pada kurikulum KTSP yang berlaku, materi sejarah yang telah diberlakukan dengan standar isi, kompetensi dasar, materi ajar yang sudah tertata rapi. Pembelajaran dengan metode inkuiri dapat meningkatkan kompetensi belajar sejarah. Adapun peningkatannya dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai sama atau diatas KKM adalah 100 % dan dari nilai rata-rata terdapat peningkatan sebesar 96 %, dari rerata 43,07 menjadi 80,57.

 Kata Kunci: Tindakan Kelas, metode inkuiri, prestasi belajar


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.