candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN PEMAHAMAN REFORMASI DAN WAWASAN KEBANGSAAN TERHADAP SIKAP DEMOKRASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Sriwati Sriwati, Sariyatun Sariyatun, Nunuk Suryani

Sari


Sikap demokrasi merupakan unsur penting dalam menunjang kelangsungan hidup sebagai sebuah bangsa, terutama pada Era Reformasi. Oleh sebab itu, kemerosotan sikap demokrasi pemuda/mahasiswa dewasa ini patut mendapat perhatian antara lain dengan menanamkan pemahaman reformasi dan wawasan kebangsaan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pemahaman reformasi dengan sikap demokrasi, wawasan kebangsaan dengan sikap demokrasi, serta pemahaman reformasi dan wawasan kebangsaan secara bersama-sama dengan sikap demokrasi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah yang diidentifikasi berdasarkan lama studi. Sampel penelitian berjumlah 127 mahasiswa dari populasi yang berjumlah 194 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman reformasi, angket wawasan kebangsaan, dan angket sikap demokrasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman reformasi dengan sikap demokrasi ditunjukkan oleh  (4,673) >  (1,656), terdapat hubungan positif yang signifikan antara wawasan kebangsaan dengan sikap demokrasi ditunjukkan oleh   (12,915) >  (1,656), dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman reformasi dan wawasan kebangsaan secara bersama-sama dengan sikap demokrasi ditunjukkan oleh  (82,945) >  (3,070).

 

Kata kunci: pemahaman reformasi, wawasan kebangsaan, sikap demokrasi.

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.