candi borobudur kerajaan di indonesia

PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN SIMULATION BASED LABORATORY (SBL) DAN VIDEO BASED LABORATORY (VBL)

Fahrizal Eko Setiono, Sarwanto Sar, Suparmi Parmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara problem based learningmenggunakan metode eksperimen melalui SBL dan VBL, kemampuan analisis, dan kemampuanberfikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimendan dilaksanakan di SMA N 3 Surakarta. Populasi semua siswa kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampelsebanyak 2 kelas, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I mendapatkan perlakuan pembelajaranmelalui metode eksperimen menggunakan SBL dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen IImelalui metode eksperimen menggunakan VBL. Pengambilan data melalui teknik tes untukprestasi kognitif, kemampuan analisis, kemampuan berfikir kreatif; angket dan observasi untukprestasi afektif. Teknik analisis data menggunakan anava tiga jalan dan teknik non-parametrikKruskall Wallis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada pengaruh problem based learningmenggunakan metode eksperimen melalui VBL dan SBL terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (2)tidak ada pengaruh kemampuan analisis kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Fisikasiswa; (3) tidak ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif kategori tinggi dan rendah terhadapprestasi belajar Fisika siswa; (4) tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakanmetode eksperimen dengan kemampuan analisis siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (5)tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen dengankemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Fisika siswa; (6) tidak ada interaksiantara kemampuan analisis dan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar Fisikasiswa; (7) tidak ada interaksi antara problem based learning menggunakan metode eksperimen,kemampuan analisis siswa dan kemampuan berfikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar siswa

Kata kunci: problem based learning, VBL, SBL, kemampuan analisis, kemampuan berfikirkreatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.