candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)

M. Hery Yuli Setiawan

Abstract


Abstract:The aim of this research is to know social skills improvement process of 2nd grade students of elemen-tary school Mangkubumen Kulon Number 83 Surakarta through the application of team games tournament (TGT) learning methods and to figure out to what extend the social skill improvement is. The method used in this research is an action research that refers to the models of Class Action Research of Kemmis and Mc. Taggart which includes four stages: planning, action, observation and reflection. This research consist of two cycles, each cycle consist of 6 meetings/actions. The data are analysed using quantitative and qualitative data. Quantitative data are analysed using descriptive statistics method by comparing the first and second cycle result. While the qualitative data are analysed using the data from the field notes and interviews during the research by this fol-lowing steps: data reduction, data display and data verification. The results of this research show that there is so-cial skills improvement through the application of team games tournament (TGT) learning methods, it can be proven by the average scores of social skills in the pre-action was 63.35%. And then in the first cycle it is in-creasing by 15.23% to become 78.58%. Furthermore, from the first cycle to the second cycle kinesthetic intelli-gence of children is increasing by 11.80% from 78.58% to become 90.37%. So the total increasing kinesthetic intelligence of children ranging from pre-action, the first cycle to the second cycle is 27.02%, increase from 63.35% to become 90.37%.
Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan sosial siswa kelas II melalui metode pembelajaran team games tournament (TGT) dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan keterampilan sosial siswa kelas II SD Negeri Mangkubumen Kulon No.83 Surakarta.Metode yang digunakan da-lam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 6 kali pertemuan/tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, penyaj-ian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial melalui penerapan metode pembelajaran team games tournament (TGT), dapat dibuktikan dengan rata-rata skor keterampilan sosial sebelum tindakan sebesar 63,35%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 15,23% sehingga menjadi 78,58%. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II keterampilan sosial siswamengalami peningkatan sebesar 11,80% dari 78,58% menjadi 90,37%. Sehingga total peningkatan keterampilan sosial siswamulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II adalah 27,02%, meningkat dari 63,35% menjadi 90,37%.
Kata Kunci: keterampilan sosial, metode pembelajaran, Team Games Tournament


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054