PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTAS BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014-2015 DI SMP 34 SEMARANG
Abstract
Abstract. The aim of this study was to determine whether the use of audio-visual media learning achievement of class IX student IPS History Odd Semester Academic Year 2014-2015 at SMP 34 Semarang can be improved. The research is a qualitative use action research approach. The main data obtained from informants such as school principals, and teachers. The method of collecting data through observation, interviews, and documentation methods. The results showed that the use of audiovisual media in history courses improve student achievement class IX students of SMPN 34 Semarang B describes the basic competence of World War II (including the Japanese occupation) and its influence on the social, economic and political in Indonesia. Before the given measures of student achievement are only able to average value class 67.79. After being given the action of using the method of audiovisual media nailai student achievement increases the average grade in the first cycle to 74.92 and the second cycle class average value increased to 80.78. This value has reached the indicators defined in this study stated that research is successful if the class average was 75 according to KKM. Mastery learning students also increased, before being given the actions of the use of audiovisual media learning completeness percentage of 50.00%. after being given the experience with action learning completeness percentage amounted to 68.75% in cycle I. Similarly, in the second cycle to increase the learning completeness percentage of 90.63%.
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pemanfaatan media audio visual prestasi belajar IPS Sejarah siswa kelas IX Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014-2015 di SMP 34 Semarang dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran sejarah meningkatkan prestasi belajar siswa siswa kelas IX B SMPN 34 Semarang kompetensi dasar mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia. Sebelum diberikan tindakan prestasi siswa hanya mampu nilai rata-rata kelas 67.79. Setelah diberikan tindakan berupa penggunaan metode media audiovisual prestasi belajar siswa meningkat nailai rata-rata kelas pada siklus I menjadi 74.92 dan Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 80.78. Nilai tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan pada penelitian ini yang menyatakan bahwa penelitian dikatakan berhasil jika nilai rata-rata kelas adalah 75 sesuai dengan KKM. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, sebelum diberikan tindakan berupa penggunaan media audiovisual persentase ketuntasan belajar sebesar 50.00%. setelah diberikan tindakan mengalami dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 68.75% pada siklus I. Begitu pula pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90.63%.
Kata Kunci: pembelajaran, sejarah, media audiovisual, , prestasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2337-7054