candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI METODE TALKING STICK POKOK BAHASAN PERISTIWA-PERISTIWA POLITIK DAN EKONOMI INDONESIA PASCA PENGAKUAN KEDAULATAN

Rishati Sedyasih

Abstract


Abstrac : The purpose of this study was to determine the increase in student achievement Class IX-A SMP 34 Semarang after following type of cooperative learning Talking Stick. This research is a qualitative action research approach. The main data obtained from informants such as school principals, and teachers. Data were collected by observation, interview, and methods dokumentasi.Hasil showed that (1) Method of Talking Stick cooperative learning can improve student achievement. This is evident from the increase in the average and mastery learning before and after the given action. Before the given measures the average value of 68,125 with a percentage of 34,37% mastery learning. after a given action has increased the average value becomes 72,96 with a percentage of 65,62% mastery learning in cycle I. In the second cycle increased the average value becomes 77,18 with a percentage of 87,5% mastery learning.
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX-A SMP 34 Semarang setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata 68,125 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 34,37%. setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan nilai-rata-rata menjadi 72,96 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65,62% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 77,18 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5%.
Kata Kunci : pembelajaran, sejarah, talking stick, prestasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054