candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD

Dian Kristiana Idha Nur Afita

Abstract


Abstract: This study aim to improve student achievement and learning activites through collaborative learning. This was a collaborative classroom action research (CAR). The data were collected through  student achievement test, questionnaire students attitudes toward mathematics, and observation. The instrument included  student achievement test, observation sheets for learning activites and questionnaire. The data were analyzed by quantitative descriptive analysis. The results of the study showed that students' achievement and learning activites improved after the learning actions  using the Collaborative learning. Achievement test before the action, increased 62.5% in cycle I, and increased again to 81.25% in cycle II. Results of students' learning activites also increased criteria pretty good in  cycle I and all aspects the good criteria in cycle II.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa melalui implementasi model collaborative learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi tes prestasi belajar matematika, lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan melalui model Colaborative learning. Ketuntasan klasikal prestasi belajar pada siklus I  yaitu 62,5% kemudian pada siklus II  mencapai 81,25%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat satu aspek yang berada pada kriteria cukup baik dan pada siklus II semua aspek sudah memenuhi kriteria baik.

 

Kata kunci : Collaborative learning, prestasi belajar, aktivitas belajar siswa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054