candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN ANTARA SIKAP MATEMATIKA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Mohamad Syarif Sumantri

Abstract


Abstract : This research aims to see the correlation betwen students behaviour toward mathematic and learning circumtances with the mathematic result. This research is a survey study which imples regression and multiple correlation technique. The research was done at SDN 03 elementary school, Puspanegara Bogor with n = 40 used random sampling technique. The research result are (1) there positive correlation between students behaviour throught the mathematic result. (2) there is positive correlation between learning circumtances and the mathematic results. (3) there is positive correlation between students behaviour toward mathematic and learning circumtances all together toward mathematic result. According to the research results, the mathematic results can be improved by improving students behaviour toward mathematic and positive learning circumtances.

 

 Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara sikap siswa terhadap matematika dan lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survey yang mengimplementasikan regresi dan teknik korelasi ganda. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Puspanegara 03 Bogor dengan n = 40 dengan menggunakan teknik rendom sampling. Hasil penelitian menunjukan: (1) ada korelasi positif antara sikap siswa dengan hasil belajar matematika (2) ada hubungan positif antara lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika (3) ada hubungan yang positif antara sikap siswa terhadap matematika dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan sikap siswa terhadap matematika dan lingkungan belajar siswa yang baik.

 

Kata Kunci: Sikap siswa, lingkungan belajar, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054