candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI KONTEKSTUAL BERBASIS KARAKTER

Wahyu Ratnawati

Abstract


Abstract: The objectives of this study are to describe the increase (1) the quality of the process and (2) the quality of the output of learning mathematics Quality Through Character Based Contextual Strategies For Students Class IV SDN Cemara Dua No.13 Surakarta. This research is qualitative research. The research was conducted using action research design class that implements 2 cycles. The cycle consists of four activities: planning, action, observation and reflection. The data were analyzed in a non test (during the learning process) and test (after the learning process). The data validity checking research is triangulation. The results of this study are (1) the quality improvement of the learning process, namely the aspects of (a) teachers' teaching activities, (b) the scientific character value (discipline, hard work, creativity and responsibility) and (c) the use of contextual strategies, (2) the quality output seen from the student’s learning result that is able to reach a value of KKM.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kualitas proses dan (2) kualitas output pembelajaran matematika Kualitas Melalui Karakter Berdasarkan Strategi Kontekstual Untuk Siswa Kelas IV SDN Cemara Dua No.13 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Siklus ini terdiri dari empat pertemuan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dianalisis dalam tes non (selama proses pembelajaran) dan uji (setelah proses belajar). Validitas data penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kualitas proses pembelajaran, yaitu aspek (a) aktivitas mengajar guru, (b) nilai karakter ilmiah (disiplin, kerja keras, kreativitas dan tanggung jawab) dan (c) penggunaan strategi kontekstual, (2) kualitas output dilihat dari hasil belajar siswa yang mampu mencapai nilai KKM.

Kata kunci: matematika, kontekstual, karakter


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054