candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Mellisa Ramadianingrum, Joko Daryanto

Abstract


 

Abstract: The purposes of this classroom action research are to increase the student activity and result study in Social Science using the cooperative learning with Jigsaw type for the fifth grade student of SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri 2010. The method of this research using the classroom action research. This research procedure through four stages are planning, action, observation and evaluation, and reflection. The subject of this classroom action research is the fifth grade students of SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri consisting 30 students. The research is conducted three cycles. The technique of collecting data is interviewing to knows about first condition of students, observation to observe the learning process, testing to get the data of result study, and documentation to get data about the student. The data validity applied is the content validity. This research uses interactive analysis for the data analysis technique. Based on results of the research, it can be concluded that in learning Social Science using Cooperative learning with Jigsaw type can improve the result study of the fifth grade students in SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar dalam Ilmu Sosial menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw untuk siswa kelas V SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri 2010. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Ini prosedur penelitian melalui empat tahap merencanakan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri yang terdiri 30 siswa. Penelitian ini dilakukan tiga siklus. Teknik pengumpulan data wawancara untuk mengetahui tentang kondisi pertama siswa, observasi untuk mengamati proses pembelajaran, pengujian untuk mendapatkan data hasil belajar, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang siswa. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif untuk teknik analisis data.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima di SD Negeri II Ngadirojo Wonogiri.

 

Kata kunci: Hasil Belajar konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Kooperatif Tipe Jigsaw

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054