candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN FLUENCY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Adi Sifa Muhammad, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve fluency thinking skill through Project Based Learning (PjBL) learning model in grade V students of Elementary School Year 2017/2018. This research was conducted in two cycles consisting of planning, action implementation, observation, and reflection. The subjects of the study were teachers and students of grade V of Elementary School of the School Year which amounted to 35 students. Data collection techniques used are the results of observation, interviews, tests of creative thinking and documentation. The validity of the data used is the content validity. Data analysis used is interactive analysis model which has three component that is data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the application of learning model of Project Based Learning (PjBL) can improve fluency thinking skill in grade V students of Elementary School Year 2017/2018. Based on this research, it can be concluded that the learning model of Project Based Learning (PjBL) can improve fluency thinking skill of Grade V students of Elementary School Year 2017/2018.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir fluency melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, tes berpikir kreatif dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir fluency pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir fluency siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Keterampilan berpikir Fluency, Model Pembelajaran Project Based Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054