candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE INKUIRI BERBASIS DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT ENERGI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Anik Noor Sulistyarini

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know the application of inquiry method based on the demonstration to improve scientific attitude and science learning result of energy benefit material for elementary school students. The method used in this study is a classroom action research (PTK) consisting of two cycles, each cycle including planning, execution, observation, and reflection. The result of this research is Implementation of demonstration based inquiry method can improve scientific attitude for fourth-grade students of B semester 1 of SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta academic year 2016/2017. This is indicated by the increasing number of students with a very good (A) and Good (B) classification attitude in each cycle of action performed. The number of students with excellent category (SB) and good (B) scientific attitudes at the initial condition reaches only 14 students (36.84%). The number of students with excellent category attitude (SB) and good (B) increased to 19 students (50.00%) in Cycle I action. Then, on Cycle II action, the number of students with very good category (SB) B) increased to 30 students (78.95%).

Abstrak: Tujuan dari penelitian iin adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis demostrasi untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA materi manfaat energy bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupkan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi perencankaan, pelaksaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah Penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis demonstrasi dapat meningkatkan sikap ilmiah bagi siswa kelas IV B semester 1 SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini diindikasikan dengan meningkatnya jumlah siswa dengan sikap ilmiah klasifikasi Sangat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.Jumlah siswa dengan sikap ilmiah kategori sangat baik (SB) dan baik (B) pada kondisi awal baru mencapai 14 orang siswa (36.84%). Jumlah siswa dengan sikap kategori sangat baik (SB) dan baik (B) mengalami peningkatan menjadi 19 orang siswa (50.00%) pada tindakan Siklus I. Kemudian, pada tindakan Siklus II, jumlah siswa dengan sikap kategori sangat baik (SB) dan baik (B) mengalami peningkatan menjadi 30 orang siswa (78.95%).

Kata kunci: Metode inkuiri, demonstrasi, sikap ilmiah, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054