candi borobudur kerajaan di indonesia

OPTIMALISASI KETERAMPILAN MEWARNAI GAMBAR DENGAN KRAYON DI TK PERTIWI 2 TAMBAKAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

Sri Supratiwi

Abstract


Abstract: Sri Supratiwi Optimizing Coloring Skill with Krayon in TK Pertiwi 2 Gubug Sub-District Grobogan District. In order to improve the effective learning in TK Pertiwi 2 Taambakan, various media are used. Teaching media is one of the supporting elements in the learning process. The use of media in accordance with
the objectives and material presented, can membelajarkan students more interesting and meaningful. By using the media will clarify the lessons and on the interests are expected to improve student achievement. The purpose of this research is to know 1) The use of crayon media in TK Pertiwi 2 Tambakan Sub District Gubug Grobogan District; 2) The effectiveness of the use of crayon media in improving the coloring skills of drawings in TK Pertiwi 2 Tambakan Subdistrict Gubug Grobogan District. This type of research is a classroom action research.
The research variable is only one variable that is the use of crayon media to improve the coloring skill of the picture on the child of TK Pertiwi 2 Tambakan Subdistrict Gubug Grobogan Regency. The population in this research is the kindergarten children of Pertiwi 2 Tambakan Gubug Sub-district of Grobogan Regency which need 124 children. Sampling was done with total sampling. Thus the example in this study is 24 children. Data completion technique using method. The results showed 1) The use of crayon media can improve the coloring skills of children kindergarten Pertiwi 2 Tambakan Sub-District Gubug Grobogan District; 2) The use of crayon media can improve the category of well coloring children TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Grobogan District; 3) The use of crayon media can reduce the category has never been mastered the kindergarten children
Pertiwi 2 Tambakan Gubug Sub-district Grobogan District.

Abstrak: Sri Supratiwi Optimalisasi Keterampilan Mewarnai Gambar dengan Krayon di TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran di TK Pertiwi 2 Taambakan, berbagai macam media digunakan. Media pengajaran merupakan salah satu unsur yang mendukung dalam proses pembelajaran. Penggunaan media yang sesuai dengan tujuan dan materi yang disampaikan, dapat membelajarkan siswa lebih menarik dan bermakna. Dengan menggunakan media akan memperjelas pelajaran dan pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penggunaan media krayon di TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan; 2) Efektif tidaknya penggunaan media krayon dalam meningkatkan keterampilan mewarnai gambar di TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian hanya satu variabel yaitu pengggunaan media krayon untuk meningkatkan keterampilan mewarnai gambar pada anak TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan yang berjumlah 124 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Dengan demikian sample dalam penelitian ini adalah 24 anak . Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan media krayon dapat meningkatkan keterampilan mewarnai anak TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan; 2) Penggunaan media krayon dapat meningkatkan kategori baik sekali keterampilan mewarnai anak TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan; 3) Penggunaan media krayon dapat menurunkan kategori belum menguasai keterampilan mewarnai anak TK Pertiwi 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. 

Kata kunci: Ketrampilan, Mewarnai, Optimalisasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054