candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sumargono Sumargono

Abstract


Abstract: The formulation of the problem in this research is whether the application of Student Teams- Achievment Divisions (STAD) learning method can improve the quality of IPS learning in grade 6 students of SD Negeri 1 Trisari? Research with Class Action Research (PTK) was conducted for two cycles and started with
pre cycling activity to know the problem that happened, every cycle consist of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Based on the result of evaluation of IPS learning with Student Teams Achievment Divisions (STAD) learning method has increased in every cycle. It can be seen from the percentage of pre-cycle 25%, increased to 50% in cycle I. In cycle II the percentage of complete mastery again increased to 75%. In cycle III the percentage of learning result has increased to 87% and has fulfilled the success indicator that is at least 80%. Then the student activity in this research experience improvement. In the first cycle of meeting 1 the observation data of the students get an average score of 20.5 with enough category and 22.5 with enough category. In the second cycle of student activity increases with the score score at meeting 1 is 24.3 with good category and meeting 2 to 26.3 with good category. In the implementation of cycle III student activity scores again increased. This is proven by the observation of student activity at meeting 1 get 29,5 with very good category and 31,8 with very good category. Thus it can be concluded that the acquisition

Abstrak : Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode pembelajaran Student Teams-Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Trisari? Penelitian dengan pola Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama dua siklus dan
diawali dengan kegiatan pra siklus untuk mengetahui permasalahan yang terjadi, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran IPS dengan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal itu dapat dilihat dari persentase ketuntasan prasiklus 25%, meningkat menjadi 50% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 75%. Pada siklus III persentase hasil belajar  mengalami peningkatan menjadi 87% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 80%. Kemudian aktivitas siswa pada penelitian ini mengalami pemingkatan. Pada siklus I pertemuan 1 data hasil pengamatan siswa mendapatkan skor rata-rata 20,5 dengan kategori cukup dan 22,5 dengan kategori cukup. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor pada pertemuan 1 adalah 24,3 dengan kategori baik dan pertemuan 2 menjadi 26,3 dengan ketegori baik. Pada pelaksanaan siklus III skor aktivitas siswa kembali
meningkat. Hal ini terbukti dengan hasil pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan 1 mendapatkan 29,5 dengan kategori sangat baik dan 31,8 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemerolehan
Kata kunci: hasil belajar, kualitas pembelajaran, STAD


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054