candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sugiyarti Sugiyarti

Abstract


Abstract: Various problems are found in learning Civics in SDN 1 Gaden Trucuk, among others: 1) During this method more widely used by teachers is lecture, 2) During the learning process takes place less visible student activity, all teaching and learning activities are concentrated on teachers, 3 ) Student creativity has not been formed and revealed during the learning process. Students are less able to express their ideas / ideas both in the form of problems and how to solve them. The above problems need the right solutions and handling so that learning can take place properly. One of the steps that will be taken is to use role playing method with cooperative learning approach. The purpose of this research are: 1) To describe the application of role playing method with cooperative learning approach on Civics subject matter to maintain the integrity of NKRI for Grade V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten lesson 2015/2016, 2) To know the learning result on the material maintaining the integrity of NKRI through role playing method with cooperative leraning approach for students of grade V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten 2015/2016 lesson year. This research is a class action research (PTK) with the subject of
research is the students of grade V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten 2015/2016 academic year. Data collectionmethod used in this research is test method, interview and observation. The collected data was analyzed by descriptive analysis. Based on data analysis, it can be concluded that: 1) Through role playing method with cooperative learning approach can increase PKN learning activity of material to maintain the unity of NKRI in grade V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten 2015/2016 academic year. This is reflected from the average activity of cycle I reached 56.87% and increased to 75.63% in cycle II; 2) Through role playing method with cooperative learning approach can increase PKN learning activity of material to maintain the unity of NKRI in grade V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten 2015/2016 lesson year. This can be indicated by the increase: (1) The average value in
the pre-study obtained the average class of 67.5 with mastery learning 37.5%, (2) in cycle I obtained the average class of 76.94 with mastery studied 68,75%, (3) and on cycle II obtained average class 83,69 with 87,5% learners mastery. This shows that the student's learning outcomes reach the target completeness of> 85% with KKM value> 70.

Abstrak: Berbagai permasalahan ditemukan dalam pembelajaran PKn di SDN 1 Gaden Trucuk, diantaranya : 1) Selama ini metode yang lebih banyak digunakan oleh guru adalah ceramah, 2) Selama proses pembelajaran berlangsung aktivitas siswa kurang terlihat, semua kegiatan belajar mengajar terkonsentrasi pada guru, 3)Kreativitas siswa belum terbentuk dan terungkap pada saat proses pembelajaran. Siswa kurang mampu mengungkapkan ide/gagasan mereka baik dalam bentuk soal maupun cara penyelesaiannya. Berbagai permasalahan di atas memerlukan solusi dan penanganan yang tepat agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Salah satu langkah yang akan diambil adalah menggunakan metode bermain peran dengan pendekatan cooperative learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dengan pendekatan cooperative learning pada mata pelajaran PKn materi menjaga keutuhan NKRI bagi siswa kelas V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten tahun pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi menjaga keutuhan NKRI melalui metode bermain peran dengan pendekatan
cooperative leraning bagi siswa kelas V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Melalui metode bermain peran dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan aktivitas belajar PKN materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dari rata-rata aktivitas siklus I mencapai 56,87% dan meningkat menjadi 75,63% pada siklus II; 2) Melalui metode bermain peran dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan aktivitas belajar PKN materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V SDN 1 Gaden Trucuk Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya : (1) Nilai rata-rata pada pra penelitian diperoleh rata-rata kelas sebesar 67,5 dengan ketuntasan belajar 37,5%, (2) pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 76,94 dengan ketuntasan belajar 68,75%, (3) dan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 83,69 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mencapai target ketuntasan yaitu sebesar > 85% dengan nilai KKM > 70.
Kata Kunci :hasil belajar, bermain peran, cooperative learning


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054