candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Affif Firdaus Subarkah, Kartono, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the skill of experimenting by using model of Project Based Learning (PjBL) on fourth grade students of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo of academic year 2016/2017. This research was action research and conducted in three cycles consisting of planning, action  implementation, observation, and reflection. Research subjects were teachers and fourth graders of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo academic year 2016/2017 which amounted to 32 students. Data collection techniques use interview, observation and documentation. Data analysis technique using interactive analysis model consisting of four components that is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Data validity uses content validity. The results showed that the application of the model of Project Based Learning can improve the skill of experimenting on fourth graders of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Academic Year 2016/2017. In the initial condition before the action, preloaded students mastery of 9.38% with grade point
average 59,41. After the use of Project Based Learning model in the first cycle students mastery increased to 28.13% with grade point average 65,41, then in the second cycle increased to 62.5% with grade point average 74,63, and in the third cycle students mastery increased to 90.63% with grade point average 90,63. Based on this research, it can be concluded that the application of Project Based Learning model can improve the skill of experimenting fourt grade of SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Academic Year 2016 /2017. 

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakkan, ketuntasan siswa pratindakan sebesar 9,38%. Dengan nilai rata-rata 59,41. Setelah penggunaan model Project Based Learning pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 28,13% dengan nilai rata-rata 65,41,selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 62,5% dengan nilai rata-rata 74,63, dan pada siklus III ketuntasan siswa meningkat menjadi 90,63% dengan nilai rata-rata 80,13. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen kelas IV SD
Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.


Kata kunci: Keterampilan Bereksperimen, model Project Based Learning.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054