candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJARA MATEMATIKA PADA PENGUKURAN WAKTU MELALUI ALAT PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sofia Rikawanti, Hadi Mulyono, Sularmi

Abstract


Abstract :This research is to improve the learning ability mathematical with the topic of discussion of measurement time by application of the number line props at third grade III students of SD Negeri Surakarta in academic year 2016/2017. This research was classroom action research consist of two cycles. Each cycles had to meetings. Each one consist of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflecation. The subject of this research is I am a researchers. Teacher and the third grade students of SD Negeri Surakarta many as 32 students. The sources of data there were teacher, student and documents. Technique of the data collecting included observation, interviews, testing, and documentation. The data validity used triangulation of source and technique. The data analysis technique use interactive analysis model which consist of four components, namely:data collection, data reducation, data display, and verification. The number line props can improve the learningability mathematical with the topic of discussion of measurement time of the student in grade III of state primaryv school of Surakarta in academic year 2016/2017.

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika materi pengukuran waktu melalui penerapan alat peraga garis bilangan pada kelas III SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti, guru dan siswa kelas III SD Negeri Surakarta tahun 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat peraga garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan belajar materi pengukuran waktu pada siswa kelas III SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.


Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Belajar, Materi Pengukuran Waktu Garis Bilangan


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054