candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Indah Nurfithasari, Slameto

Abstract



Abstract : This study aims to improve students' ability to think creatively mathematical and describe the steps assisted PBL method realia media. Classroom action research consists of two cycles, each cycle consisting of three meetings. Increasing students' ability to think creatively views of the average classical, before the action was 21.4%, ie the category of "low", having held the first cycle increased to 61.7% in the category of "high", and the second cycle  ncreased to 81.3 % categorized as "extremely high". What distinguishes the previous research is a new thing, namely the application of media-assisted PBL realia based EEK but combined with 6 stages of scientific: observing, questioning, gathering information, associating, communicating, and create.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah metode PBL berbantu media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilihat dari rata-rata klasikal, sebelum dilakukan tindakan adalah 21,4% yaitu kategori “rendah”, setelah diadakan siklus I meningkat menjadi 61,7% dalam kategori ”tinggi”, dan siklus II meningkat menjadi 81,3% dalam kategori “sangat t inggi”. Langkahlangkah metode pembelajaran PBL berbantu media realia yang berbeda dengan penelitian sebelumnya adalah suatu hal baru yaitu penerapan PBL berbantu media realia yang berbasis EEK namun dipadukan dengan 6 tahapan saintifik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasikan, dan mencipta.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Realia, Standar Proses, Saintifik dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054