candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN MEMANFAATKAN ADOBE FLASH CREATIVE SUITE 6 PADA KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

Wiwid Wijanarko, Indri Anugraheni

Abstract


Abstract: This type of research is the development of research (RnD). The purpose of this study was to determine how to develop interactive multimedia, determine the effectiveness of interactive multimedia, and determine the validity of interactive multimedia. Interactive multimedia models developed by Borg and Gall. The subjects were 4th grade students of SD Negeri 2 Pelem. Interactive multimedia developed using Flash Adobe Flash CS 6. Interactive multimedia proven effective based on the difference between pretest and posttest with a significance level of 0.002 <0.005. Interactive multimedia expert assessment proved valid based material with an excellent score of 4.3 category and media experts with a score of 4.25 is very good category.

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan multimedia interaktif, mengetahui keefektifan multimedia interaktif, dan mengetahui kevalidan multimedia interaktif. Multimedia interaktif dikembangkan dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 2 Pelem. Multimedia interaktif dikembangkan dengan menggunakan Flash Adobe Flash CS 6 . Multimedia interaktif terbukti efektif berdasarkan perbedaan antara pretest dan posttest dengan taraf signifikansi 0,002<0,005. Multimedia interaktif terbukti valid berdasarkan penilaian pakar materi dengan skor 4,3 berkategori sangat baik dan pakar media dengan skor 4,25 berkategori sangat baik

.
Kata Kunci: multimedia interaktif, pembelajaran matematika Kurikulum 2013, Adobe Flash Creative Suite 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054