candi borobudur kerajaan di indonesia

Keefektifan Teknik Self Instruction untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian pada peserta didik SMA

Adi Dewantoro, Edy legowo, Chadidjah Husain Abdet

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik self instruction untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian pada peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan single case experimental design dengan desain A-B. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII SMA yang berjumlah 3 orang. Hasil analisis persentase didukung oleh hasil analisis klinis, guru dan teman subjek sebagai significant others dilingkungan sekolah menyatakan bahwa pada masing-masing subjek penelitian mengalami penurunan tingkat kecemasan menghadapi ujian, berarti hipotesis terbukti.

Keywords


Kecemasan, Kecemasan menghadapi ujian, Self instruction

Full Text:

PDF

References


Alsa, A. (1984). Usia Mental, Jenis Kelamin, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12, 1, 22-29.

Astuti, E.S. dan Resminingsih. (2010). Bahan Dasar untuk pelayanan Bimbingan dan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: PT Grasindo.

Barlow, D.H & Hersen, M. (1984). Singel Case Experimental Design: Strategies for Studiying Behavior Change 2nd. New York: Perganom Press.inc

Alif Mardijana, Chairina, Rr. L, Irawan F,K. (2012). Kecerdasan dan Kecemasan pada Siswa Berhubungan Kuat Menjelang Ujian Akhir Semester. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.: Universitas Jember

Dahlan, D. (2005). Pendidikan dan Konseling di Era Global. Bandung : Rizqi Press

Dobson, Keith & Dozois, David. (2001). Historical And Philosophical Bases Of The Cognitive-Behavioral Therapies. 3-39.

Ghufron, M.N. dan Risnawati, S.R. (2012). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : Ar- Ruzz Media.

Goodwin, Dwight L dan Coates, Thoams. J. (1976). Helping Student Help Themselves. New Jersey: Prentice-Hall

Tresna I Gede. (2011). Efektifitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal ISSN 1412-565X

Sunanto, J, Takeuchi, K, Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. CRICED: Universitas Tsukuba

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung : UPI PRESS.

Lange, A., Richard, R., Gest, A., Vries, M. De, & Lodder, L. (1998). The Effects of Positive Self-Instruction: A Controlled Trial. Cognitive Therapy and Research, 22(3), 225–236. https://doi.org/10.1023/A:1018740725281

Lynn, S.J, Garske,J.P.(1985). Contemporary Psychotherapies: Models and Methods. USA: Charles E. Merrill Publishing

Ratnaningtyas, P. (2013). Efektivitas Teknik Self Contracting dan Self ReinforcementUntuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD N Pandes Wedi Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi: Tidak Diterbitkan Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Rock. S.L. (1997). A Meta Analysis of Self Instruction Training Research. Proquest Dissertations and Theses.

Triantoro, S. (2004). Terapi Kognitif Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sharf, R.S. (2004). Theories of Psychotherapy and Counseling. USA: Brooks/Cole. Stone, Gerald L. (1985). Conseling Psychology Perspectives and Function Monterey, California : Brooks/Cole Publising Company.

Sudrajat, A. (2009). Upaya Mencegah Kecemasan di Sekolah (online). Tersedia:http://leoriset.blogspot.com/2009/01/upaya.mencegah.kecemasan.disekolah.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling indexed by:

scholar IPI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License