candi borobudur kerajaan di indonesia

UJI KANDUNGAN TIMBAL DALAM DAUN ANGSANA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN METODOLOGI ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012

Christine Noverima Prasasti Hujianti, Muzayyinah Muzayyinah, Joko Ariyanto

Abstract


ABSTRACT – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar berupa modul hasil penelitian kandungan timbal dalam daun angsana pada sub pokok bahasan Metodologi ilmiah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan  Randomized Control Only Design. Variabel bebas berupa modul hasil penelitiandan variabel terikat adalah hasil belajar biologi siswa.  Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.  Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X.4 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X.1 sebagai kelompok eksperimen.  Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling.  Teknik pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif serta psikomotor.  Teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul hasil penelitian sebagai sumber belajarmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar

Keywords: modul, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Biologi